Membekali Anak Agar Cinta Budaya Sendiri

Pekembangan zaman seiring globalisasi adalah hal yang tidak bisa di hindari,semakin majunya peradaban menuntut semua kalangan untuk dapat menyesuaikan diri ,kemajuan teknologi adalah contoh dari perkembangan zaman ini,percampuran budaya merupakan salah satu dampak dari perkembangan zaman dan globalisasi di dunia.

Percampuran budaya dapat membuat suatu budaya menjadi bergeser,hal inilah yang akan dihadapi,pergeseran yang terjadi akan menghadapkan ke arah mana suatu budaya akan berubah,pergeseran ke arah positifkah atau malah negatif.Maka dari itu setiap manusia  dalam berbudaya harus memiliki kemampuan untuk memfilterisasi budaya yang masuk.

Seorang anak adalah generasi penerus,perilaku orang tua terhadap anak akan sangat menentukan karakteristik seorang anak itu ketika dewasa,mengutip sedikit info dari health.detik,ada beberapa cara agar anak sebagai generasi penerus bangsa tidak terpengaruh dan menganut budaya asing,antara lain

1.Mencintai dan PD terhadap Budaya Sendiri,sebelum mengajarkan anak untuk mencintai budaya kita,sebagai orang tua harus mengenal dan mencintai budaya,sehingga rasa PD akan timbul,anak pun akan mengikuti jejak,mengajak kepertunjukkan tradisional akan membuat si anak tertarik pada budaya sendiri.

2.Jangan Biarkan si anak mengkonsumsi gadget berlebihan,dalam hal ini pengenalan akan barang-barang berbau teknologi hendaknya di hindari,anak akan mudah tergiur dan malah menimbulkan sikap acuh,anak akan merasa dirinya individualisme dengan bersikap.kasus iin banyak kita jumpai paad artis-artis yang memberikan anaknya gadget canggih,dengan bangganya mereka mengenalkan si anak pada barang ini,alangkah lebih baiknya jika si anak di kenalkan dengan kebudayaan kita,mainan tradisional dan lain-lain.

3.Memberikan konsumsi media yang bermanfaat,mengajak anak menonton televisi salah satu nya,dari pada menonton film asing yang terkadang berbau pornografi,lebih baik anak diajak menonton siaran yang bersifat mendidik dan memiliki nilai edukasi,sosial,dan budaya indonesia.

4.Tekhnik Mengenalkan kepada anak tentang Budaya kita,disini orang tua dituntu untuk bisa membuat anak nyaman dan tertarik dengan budaya sendiri dan mengajarkan untuk tidak merendahkan budaya lain.

Beberapa cara di atas adalah kutipan saya dari health.detik.com, sangat membantu pastinya. semakin anak mengenal dan tertarik dengan budaya sendiri maka semakin ia akan mencintai dan berusaha keras mempertahankan budaya asli indonesia.

Postingan terkait:

9 Tanggapan untuk "Membekali Anak Agar Cinta Budaya Sendiri"

  1. tambah satu lagi gan???
    gunakan bahasa yang baik dan benar...
    sekarang sudah mulai luntur seiiring kemajuan zaman???

    ReplyDelete
  2. yap boleh bgt tuh gan.. :)
    sekarang orang tua aja pake bhasa alay heheh gahol gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      saya aja merinding mendengar anak2 pkai bahasa alay tu :D

      Delete
  3. Waduhh..

    Sobbb.. kayaknya yank nomer 4 tuch agak sulit dech buat kuww..

    ReplyDelete
  4. nice blog,,,
    harap mampir,,,
    http://haysnaykfir.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. pelajaran ini tentunya sangat penting karena klo bukan kita yang mencintai kebudayaan kita sendiri siapa lagi..

    ReplyDelete
  6. kunjungan perdana gan, cari referensi nih thanks info bermanfaat

    ReplyDelete